Mengenal Teknologi Berkekuatan Tinggi 5G

Gmbr : teknologi-5g.jpg

Beberapa negara sedang menyiapkan layanan jaringan berkekuatan tinggi 5G yang rencananya akan resmi diluncurkan pada Tahun 2020 saat perayaan Olimpiade di Jepang.

Teknologi internet generasi kelima relatif baru untuk Indonesia, mengingat jaringan termutakhir yang digunakan saat ini masih 4G (fourth generation).

Teknologi 5G dipercaya memiliki banyak keunggulan, salah satunya kecepatan transfer data 800 gigabyte perdetik (Gbps). Adapun penelitian pada 4G hanya mampu memindahkan data dengan kecepatan 100 megabyte (MB) hingga 1 gigabyte (GB) perdetik.

Keunggulan lainnya adalah minimnya jeda saat proses transfer data (ultra low latency). Dengan teknologi 4G angka jeda yang didapatkan saat transfer data mencapai 50 milidetik, sedangkan teknologi 5G diklaim hanya memiliki angka jeda 1 milidetik. Minimnya delay atau jeda akan membuat pengoperasian gawai berteknologi tinggi seperti virtual reality hingga kendaraan tanpa awak minim gangguan.

Perbedaan lainnya teknologi 5G memungkinkan banyak peralatan canggih terkoneksi internet secara bersamaan di satu waktu, ini memungkinkan dunia lebih terkoneksi  lagi dengan internet.

Teknologi Berkekuatan Tinggi 5G adalah pergeseran paradigma teknologi mirip dengan pergeseran dari mesin tik ke komputer. 5G akan menjadi lompatan terbesar dalam kecepatan pemprosesan sejak komputasi dimulai. (AR/Adm).

Sumber : Majalah Paradigma - Edisi Vol.XIII No.144

Logo Sekolah

Logo SMPN 2 Luragung

SMP Negeri 2 Luragung

Addsense

Statistik Pengunjung

Hari ini : 2

Hits Hari ini : 6

Total : 6013

Online : 1